PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EMPATI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sari, Finna Puspita Indah, 201810100290 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EMPATI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=share_link

Download (74kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=share_link

Download (74kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=share_link
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=share_link
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=share_link
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=share_link
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=share_link
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=share_link

Download (74kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran daring berbasis empati yang dilaksanakan pada mata Pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring berbasis empati terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran daring berbasis empati yang dilaksanakan pada mata Pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022 dari keseluruhan responden termasuk kategori baik. 2) Pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat disimpulkan bahwa termasuk kategori baik. 3) Dari hasil analisis korelasi product moment dapat diketahui korelasi yang sedang yaitu sebesar 0,5429 bernilai positif, sehingga terdapat pengaruh pembelajaran daring berbasis empati terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PKN Kelas VII SMPN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Berarti bahwa jika pembelajaran daing berbasis empati mengalami ditingkatkan maka pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 akan mengalami kenaikan juga

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring berbasis empati, pembentukan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 04 May 2023 10:54
Last Modified: 04 May 2023 10:54
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item