PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022

Maisaroh, Lutvi Binti (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERNAPASAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOSO TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2)Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Team Quiz, (3)Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran TEAM QUIZ dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Model pembelajaran aktif Tipe Team Quiz Merupakan salah satu tipe pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Hasil belajar merupakan perilaku berupa pengetahuan, keterampilan, sikap, informasi, dan atau strategi kognitif yang baru dan diperoleh siswa setelah berinteraksi dengan lingkungan dalam suatu suasana atau kondisi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso yang berjumlah 286 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Team Quiz, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berupa tes tertulis dengan soal pilihan ganda dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini berupa Posttest soal . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test atau uji-t, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dianalisis hasil pengujian statistik diketahui dk= 62 dengan taraf signifikan 5% bernilai 1,998. Kemudian membandingkan nilai thitung dengan ttabel, diketahui nilai thitung =4,293 dan ttabel = 1,998. Dapat dilihat bahwa thitung = 4,293> ttabel = 1,998. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi pernapasan kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dar ipada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Team Quiz, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 24 May 2023 11:27
Last Modified: 24 May 2023 11:27
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item