PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Puspitasari, Diana (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap kedisiplinan siswa pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun 2021/2022. 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun 2021/2022. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun 2021/2022. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian pendekatan kuantitatif korelasi. Variabel ini menggunakan pembelajaran blended learning diberi simbol X, variabel kedisiplinan diberi simbol Y1 dan variabel kemandirian diberi simbol Y2. Pengambilan smpel yang menggunakan teknik total sampling. Sampel Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X-2/IPS-1 yang berjumlah 30 orang, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Angket (Kuesioner). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas) serta uji hipotesis Korelasi Product moment, dan Korelasi berganda (regresi ganda). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0, diperoleh hipotesis penelitian yang menggunakan pengujian regresi linear berganda adalah X= 8,365 + 0,850 Y1 + 0,920 Y2. Artinya jika Nilai koefisien regresi X sebesar 8,365 menunjukkan apabila X mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 8,3%. Nilai koefisien regresi Y1 sebesar 0,850 menunjukkan apabila Y1 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 8,5%. Nilai koefisien regresi Y2 sebesar 0,920 menunjukkan apabila Y2 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 92%. Hasil penelitian uji hipotesis yang menggunakan uji korelasi product moment kedisiplinan belajar diperoleh Sig.(2-tailed) 0,087 > 0.05. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji korelasi product moment kemandirian belajar diperoleh Sig.(2-tailed) 0,085 > 0.05. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji korelasi berganda pembelajaran blended learning sebesar 8,365 serta kedisiplinan sebesar 0,850 dan kemandirian sebesar 0,920. Hal ini berarti ada pengaruh antara kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Siswa SMA Muhmmadiyah 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blended Learning, Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 25 May 2023 10:18
Last Modified: 25 May 2023 10:18
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item