Tias, Eke Aryaning (2022) PENGARUH BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMAN 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetauhi perilaku bullying yamg terjadi pada peserta didik kelas X ips SMAN 1 Sukomor pada tahun ajaran 2021/2022.(2) Untuk mengetauhi motivasi belajar peserta didik kelas X ips di SMAN 1 Sukomoro pada tahun ajaran 2021/2022. (3) untuk mengetahui adakah Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian adakah pengaruh dari variabek X dengan variabel Y. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 SUKOMORO Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 142 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kolerasi product moment). Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan penulis bahwa hasil dari analisis, angket dan dokumentasi bullying dan motivasi belajar yaitu berpengaruh, semakin tinggi tingkat bullying maka semakin rendah motivasi belajar para siswa hal ini dibuktikan dengan diperoleh hasil yang didapatkan yaitu dari 36 siswa terddapat 86,1% yang sering melakukan bullying dan angka motivasi belajar pun terdapat pada tabel sedang yaitu 44,5% dan dari uji yang dilakukan peneliti (menggunakan rumus kolerasi product moment) di peroleh koefisisen kolerasi r hitung = 0,441 sedangkan koefisien kolerasi r table = 0,329 dengan nilai N = 36 (jumlah pasangan yang di gunakan untuk menghitung r) dalam taraf signifikan 5% karena r hitung > r tabel maka Ha (hipotesis alternative) diterima dengan H0 (hipotesisi di tolak). Hal ini terbukti ada Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti sangat menyadari bahwa banyaknya kekurangan dalam penulisan ini, salah satunya adalah keterbatasan dan kurangnya sumber informasi juga responden maka untuk menindaklanjutin penelitian ini diharapkan penelitian selanjutnya bisa memperluas wilayah penelitian sehingga mendapatkan sumber data yang lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Bullying ,Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 25 May 2023 13:01 |
Last Modified: | 25 May 2023 13:01 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1051 |
Actions (login required)
View Item |