PENGARUH BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMAN 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tias, Eke Aryaning (2022) PENGARUH BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMAN 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetauhi perilaku bullying yamg terjadi pada peserta didik kelas X ips SMAN 1 Sukomor pada tahun ajaran 2021/2022.(2) Untuk mengetauhi motivasi belajar peserta didik kelas X ips di SMAN 1 Sukomoro pada tahun ajaran 2021/2022. (3) untuk mengetahui adakah Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian adakah pengaruh dari variabek X dengan variabel Y. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 SUKOMORO Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 142 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kolerasi product moment). Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh pada penelitian yang dilakukan penulis bahwa hasil dari analisis, angket dan dokumentasi bullying dan motivasi belajar yaitu berpengaruh, semakin tinggi tingkat bullying maka semakin rendah motivasi belajar para siswa hal ini dibuktikan dengan diperoleh hasil yang didapatkan yaitu dari 36 siswa terddapat 86,1% yang sering melakukan bullying dan angka motivasi belajar pun terdapat pada tabel sedang yaitu 44,5% dan dari uji yang dilakukan peneliti (menggunakan rumus kolerasi product moment) di peroleh koefisisen kolerasi r hitung = 0,441 sedangkan koefisien kolerasi r table = 0,329 dengan nilai N = 36 (jumlah pasangan yang di gunakan untuk menghitung r) dalam taraf signifikan 5% karena r hitung > r tabel maka Ha (hipotesis alternative) diterima dengan H0 (hipotesisi di tolak). Hal ini terbukti ada Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti sangat menyadari bahwa banyaknya kekurangan dalam penulisan ini, salah satunya adalah keterbatasan dan kurangnya sumber informasi juga responden maka untuk menindaklanjutin penelitian ini diharapkan penelitian selanjutnya bisa memperluas wilayah penelitian sehingga mendapatkan sumber data yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bullying ,Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 25 May 2023 13:01
Last Modified: 25 May 2023 13:01
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item