Fitriana, Erva Nur (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMAN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimanakah pembelajaran daring berbantu google classroom dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2). Untuk mengetahui bagimanakah minat belajar dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring berbantu google classroom terhadap minat belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring berbantu google classroom sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang berjumlah 101. Sampel penelitian dengan teknik sampel yaitu cluster random sampling adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 3 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis dari korelasi product moment diketahui pembelajaran daring berbantu google classroom ini menunjukkan bahwa 48% siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar. Minat belajar ini menunjukkan bahwa 27% siswa mempunyai minat belajar tingkat sedang. Dari taraf signifikan 5% rhitung 0,635 dan rtabel 0,344. Penelitian dapat dilihat bahwa rhitung > rtabel yang berati Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berbantu google classroom dapat mempengaruhi minat belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini setidaknya dapat dijadikan masukan untuk mengoptimalkan penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran daring berbantu google classroom yang dapat meningkatkan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring berbantu google classroom, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 26 May 2023 09:04 |
Last Modified: | 26 May 2023 09:04 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |