PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AJARAN 2021/2022

Ananda, Febriana Ayu (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di Kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022, 2)Untuk Mengetahui Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022, 3)Untuk Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. variabel (X) Model Pembelajaran Blended Learning dan variabel (Y) kedisiplinan belahar. Populasi kelas X sebanyak 97 siswa, sedangkan sampel yang digunakan kelas X PKM 1 sejumlah 34 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode kuisioner (angket), dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment . Dari hasil analisis mengenai model pembelajaran blended learning tersebut, dapat diketahui bahwa dari 34 siswa yang menjadi sampel penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran blended learning termasuk ke dalam kategori baik ada 4 siswa dengan persentase 12%, untuk kategori cukup ada 19 siswa dengan persentase 56% dan dalam kategori rendah ada 11 siswa dengan persentase 32 %. Jadi dapat di katakan bahwa model pembelajaran blended learning cukup. Tingkat kedisiplinan belajar dari 34 siswa yang menjadi sampel penelitian yang tergolong kedisiplinan belajarnya baik ada 5 siswa dengan persentase 15 %, untuk kategori kurang ada 19 siswa dengan persentase 56%, dan untuk kategori sangat kurang ada 10 siswa dengan persentase 29 %. Sehingga dapat dipahami bahwa Kedisiplinan Belajar siswa kelas X PKM 1 SMK PGRI 2 NGANJUK masih terdapat siswa yang belum berdisiplin dalam belajar dan masuk ke dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus product moment menunjukkan bahwa rxy= 0.8590, kemudian dikonsultasikan dengan r tabel pada tarf signifikan 5%sebesar 0,349 hal ini menunjukkan rxy lebih besar dari pada r tabel, yakni 0.8590 > o,349. Dengan hasil uji hipotesis diatas dapat dikatakan bahwa Ada pengaruh penggunaan model belajar blended learning terhadap kedisiplinan belajar siswa Kelas X 1 PKM SMK PGRI 2 Nganjuk. Sebagai seorang pendidik, guru dapat diharapkan menguasai materi dan mampu memilih media pembelajaran yang tepat, sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami dan mengerti pelajaran yang disampaikan terutama mata pelajaran Ekonomi pada setiap kompetensi atau sub kompetensi dasar. Siswa diharapkan dapat menambah jam belajarnya pada saat dirumah, seperti mengerjakan soal latihan atau belajar bersama. Dengan hal itu akan membuat siswa lebih mudah dalam mempelajari materi yang akan disampaikan esok hari. Sekolah sebaiknya lebih memperhatikan sarana dan pra sarana untuk menunjang minat belajar para peserta didk, seperti halnya menyediakan buku referensi yang lebih lengkap, fasilitas lan untuk praktek, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blended Learning, Kedisplinan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 26 May 2023 09:19
Last Modified: 26 May 2023 09:19
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item