Sari, Rena Nofita (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori di kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus berdaur ulang dan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi dan (d) refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X sebanyak 97 siswa, sedangkan sampelnya yaitu kelas X AKL 1 yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X AKL 1 SMK PGRI 2 Nganjuk pada mata pelajaran perbankan dasar yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan prosentase aktivitas belajar siswa dari 55% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Sedangkan dari hasil observasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan strategi pembelajaran ekspositori juga telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 65,45% menjadi 83,63%. Kemudian peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada hasil pre tes yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yaitu 57,09 dan presentase ketuntasan belajar siswa 51,61%. Kemudian meningkat pada post test Siklus I dengan hasil ketuntasan belajar siswa 70,97% dan nilai rata-rata siswa 71,29, kemudian meningkat lagi pada hasil Post Test siklus II yang mana ketuntusan belajar siswa menjadi 90,32% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 78,39. Ketuntasan belajar siswa tersebut berdasarkan dari ketentuan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran ekspositori, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:40 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:40 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1064 |
Actions (login required)
View Item |