Priatin, Sri Puji (2022) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sebelum menggunakan Metode Pembelajaran Debat Aktif. 2). Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sesudah menggunakan Metode Pembelajaran Debat Aktif. 3). Untuk mengetahui Efektif atau tidaknya Penerapan Metode Pembelajaran Debat Aktif pada hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan Metode Debat. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen penerapan dengan menggunakan pendekataan kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Tahun pelajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Debat Aktif sebagai sumber belajar sedangkan Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Hasil belajar. Populasi penelitian Kelas X IPS sebanyak 101 siswa. Sampel penelitian yaitu Kelas X IPS 2 sebanyak 31 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan Dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis dengan uji t. Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sebelum menggunakan metode pembelajaran Debat Aktif , Nilai Rata-rata yang diperoleh 74 dari 31 siswa. Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sesudah menggunakan Metode Pembelajaran Debat Aktif Nilai Rata-rata yang diperoleh 80 dari31 siswa. Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan menggunakan Metode Debat Aktif Efektif digunakan terlihat Berdasarkan hasil analisis X tabel pada db=30 untuk taraf signifikan 5% yaitu 2,034 dan nilai uji t lebih besar dari nilai r tabel (xtabel) tersebut yakni 3,7823>2,034. Hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya ada pengaruh Metode debat terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa X IPS 2 SMA NEGERI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Debat Aktif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:49 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:49 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1068 |
Actions (login required)
View Item |