Susanti, Tri Suli (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISH BOWL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS MATERI RENCANA USAHA KECIL DAN MENENGAH KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis materi Rencana Usaha Kecil dan Menengah sebelum menggunakan metode pembelajaran Fish Bowl pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis materi rencana usaha kecil dan menengah sesudah menggunakan metode pembelajaran fish bowl pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 3) Untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran fish bowl terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis materi rencana usaha kecil dan menengah pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 97 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL 1 sejumlah 31 siswa dan X AKL 2 sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 71,9 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 80 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 62 nilai ttabel = 2,000 dan thitung = 3,817, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Fish bowl pada materi rencana usaha kecil dan menengah mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Fish Bowl, Prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 11:00 |
Last Modified: | 29 May 2023 11:00 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
View Item |