Nuraida, Kholifatul (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI RASIO ATAU PERBANDINGAN KELAS VII DI SMP SAINS MIFTAHUL HUDA NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi Rasio atau Perbandingan Kelas VII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian pupolasi sehingga seluruh anggota populasi merupakan subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 14,94% siswa tidak dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, 17,24% siswa tidak dapat membuat model matematika berdasarkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, 19,54% siswa tidak dapat menuliskan penyelesaian dengan benar, 28,74% siswa tidak menuliskan kesimpulan yang diperoleh, 10,34% siswa dapat menuliskan penyelesaian tetapi prosedurnya masih salah, 2,3% siswa tidak melakukan pengecekan kembali/meneliti jawaban yang diperoleh, 2,3% siswa dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan tetapi masih salah, 2,3% siswa dapat menuliskan penyelesaian tetapi tidak lengkap, dan 2,3% siswa melakukan pengecekan kembali tetapi hanya sebagian. Faktor kesulitan yang dialami siswa kelas VII Ibnu Sina di SMP Sains Miftahul Huda dalam pemecahan masalah matematika pada materi rasio atau perbandingan yakni: siswa kurang memahami konsep rasio atau perbandingan, kurang teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, lupa, kurang waktu untuk mengerjakan soal, cepat menyerah, terkecoh dengan jawaban teman, dan cemas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesulitan, pemecahan masalah matematika, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 09:02 |
Last Modified: | 30 May 2023 09:02 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1090 |
Actions (login required)
View Item |