STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI OPERASI MATRIKS KELAS XI SMK KOSGORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurhayati, Dini (2022) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATERI OPERASI MATRIKS KELAS XI SMK KOSGORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Proses pembelajaran dikelas selalu didominasi oleh guru, tanpa mengikutsertakan siswa sebagai pelaku pembelajaran. Penggunaan sistem pengajaran yang monoton memungkinkan siswa untuk lebih cepat bosan dan malas dalam memahami materi yang disampaikan. Adapun masalah lain diantaranya adalah kurangnya komunikasi antar siswa. Antara siswa yang kurang mampu dan yang lebih mampu dalam hal memahami materi, ada kesenjangan yang mengakibatkan siswa yang kurang mampu malu bertanya, dan siswa yang lebih mampu enggan membantu. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inside- Outside Circle (IOC), 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing, 3) untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Inside- Outside Circle (IOC) dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing pada materi operasi matriks kelas XI. Model pembelajaran merupakan salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran Inside- Otside Circle (IOC) dan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat dijadikan alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta kemampuan komunikasi siswa. Salah satunya yaitu pada materi operasi matriks yang meliputi penjumlahan matriks, pengurangan matriks, perkalian dua matriks, perkalian matriks dengan bilangan skalar, serta transpose matriks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest- only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK KOSGORO Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 115 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI- AKL 1 sejumlah 21 siswa dan kelas XI- AKL 2 sejumlah 21 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas XI- AKL 1 sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas XI- AKL 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah analisa data statistik uji- T (T- Test). Sebelum melakukan uji- T, maka perlu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dengan hasil Lhitung = 0,1510 untuk kelas eksperimen 1, Lhitung = 0,1100 untuk kelas eksperimen 2, dan Ltabel = 0,193. Karena kedua Lhitung Ltabel maka kedua kelas eksperimen berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji- F dengan Fhitung = 1,57 dan Ftabel = 2,12. Karena Fhitung Ftabel maka kedua kelas eksperimen bersifat homogen. Berdasarkan hasil nilai tes siswa, menunjukkan nilai rata- rata posttest 73,38 untuk kelas eksperimen 1 yang berarti cukup, dan nilai rata- rata posttest 77,95 untuk kelas eksperimen 2 yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisa data diketahui taraf signifikan 0,05 untuk dk = 40, nilai thitung = 2,47 dan nilai ttabel = 2,021, maka thitung ttabel yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga “ada perbedaan antara model pembelajaran Inside- Outside Circle (IOC) dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi matriks kelas XI SMK Kosgoro Nganjuk tahun 2021/2022”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Inside- Outside Circle (IOC), model pembelajaran Active Knowledge Sharing, hasil belajar matematika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 30 May 2023 12:09
Last Modified: 30 May 2023 12:09
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item