PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATAPELAJARAN IPA PADAMATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWAKELAS VII MTS NUJOHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Himmah, Nilta Ni’matul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATAPELAJARAN IPA PADAMATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWAKELAS VII MTS NUJOHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-2080004960%3A1686621298694701&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HXzMozeEW_jp0Nwj2Q-kazcdC8qhvqf2%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HXzMozeEW_jp0Nw

Download (649kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S537824355%3A1686621312797081&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1P23_yUPaFsz6cknqfnpKWe2GCILPGsv4%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1P23_yUPaFsz6cknqf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-435297008%3A1686621358376611&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VZOg6wWXOK0gP76rUxfH6szIFQyu4kGG%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VZOg6wWXOK0gP76r
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1677444228%3A1686621459862971&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PcvBOVu7t4xwKFI32cDpMbyJI-Zod0-A%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PcvBOVu7t4xwKFI
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1744382255%3A1686621491353056&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JdJwyusza3nDZMuEaPR3CjcexzN6Lp_j%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JdJwyusza3nDZMu
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S1661794816%3A1686621549892535&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mbp_2jG3eD1VQjgqTbiUFUGhht7BLHJN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mbp_2jG3eD1VQjgq
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-16736332%3A1686621578739549&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gRa29jda1SBntYVb3dDQnl6388hYWksz%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gRa29jda1SBntYVb3

Download (649kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional, 2) untuk mengetahui motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), 3) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs NU Joho, Pace Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 101 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-B sejumlah 27 siswa dan VII-C sejumlah 27 siswa dengan pengambilan sampel secara tidak random. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai angket motivasi belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 82,8 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata post-test 80,1 untuk kelas kontrol, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 52 maka nilai dari ttabel = 1,67469 dan nilai thitung = 3,851 dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “terdapat peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII MTs NU Joho, Pace Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:05
Last Modified: 13 Jun 2023 02:05
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item