Himmah, Nilta Ni’matul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATAPELAJARAN IPA PADAMATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWAKELAS VII MTS NUJOHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-2080004960%3A1686621298694701&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HXzMozeEW_jp0Nwj2Q-kazcdC8qhvqf2%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HXzMozeEW_jp0Nw Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S537824355%3A1686621312797081&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1P23_yUPaFsz6cknqfnpKWe2GCILPGsv4%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1P23_yUPaFsz6cknqf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-435297008%3A1686621358376611&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VZOg6wWXOK0gP76rUxfH6szIFQyu4kGG%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VZOg6wWXOK0gP76r Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1677444228%3A1686621459862971&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PcvBOVu7t4xwKFI32cDpMbyJI-Zod0-A%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PcvBOVu7t4xwKFI Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1744382255%3A1686621491353056&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JdJwyusza3nDZMuEaPR3CjcexzN6Lp_j%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JdJwyusza3nDZMu Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S1661794816%3A1686621549892535&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mbp_2jG3eD1VQjgqTbiUFUGhht7BLHJN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mbp_2jG3eD1VQjgq Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-16736332%3A1686621578739549&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gRa29jda1SBntYVb3dDQnl6388hYWksz%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gRa29jda1SBntYVb3 Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional, 2) untuk mengetahui motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), 3) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs NU Joho, Pace Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 101 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-B sejumlah 27 siswa dan VII-C sejumlah 27 siswa dengan pengambilan sampel secara tidak random. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai angket motivasi belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 82,8 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata post-test 80,1 untuk kelas kontrol, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 52 maka nilai dari ttabel = 1,67469 dan nilai thitung = 3,851 dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “terdapat peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII MTs NU Joho, Pace Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:05 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:05 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1122 |
Actions (login required)
View Item |