EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASILBELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Maulinda, Reva (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASILBELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1190472389%3A1686630040280831&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1u_QUTxNYv324w7HQEVj1HZwHPyN9hGMK%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1u_QUTxNYv324w7H

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S1912711148%3A1686630118613599&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1njRhG2BjHGckctuAFz3tzKZ_TCdDRGoZ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1njRhG2BjHGckctuA
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S671912280%3A1686630290385111&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19rV096IBF6i1uWyw9yw2sw4PRRuZB6Ar%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19rV096IBF6i1uWyw9
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-133856300%3A1686630358625274&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16t2OcZDl2GkMLcqZAdk4kUZmOmcU-5Is%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16t2OcZDl2GkMLcqZ
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S353044646%3A1686630432743483&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Ru-bUIYm7JuxvvrFrBjBR2IBzpFq7UnR%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Ru-bUIYm7JuxvvrFr
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-955632465%3A1686630642135336&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JSlvJJyr3GGV0rbOpsu1-dUem1Yon_GX%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JSlvJJyr3GGV0rbO
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-267981526%3A1686630774480080&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1n8AIWE4XINeWRYhYIj2wG_5XnUmeR2No%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1n8AIWE4XINeWRYhY

Download (649kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, 3) Untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-B sejumlah 23 siswa dan Kelas VII-C sejumlah 23 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan test tertulis dan angket. Kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghasilkan data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil data angket yang diperoleh, siswa menunjukkan hasil angket pre test berkisar antara 29,46% - 42,51% dan post test 40,09% - 44,92% untuk kelas control sehingga termasuk dalam kategori sedang. Dan untuk kelas eksperimen hasil angket pre test berkisar antara 27,05% - 43,96% dan post test berkisar antara 47,82% - 50,72% dan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata 4,52 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 8,60 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 25 for windows diketahui taraf signifikansi 5% untuk Dk = 44 nilaii ttabel = 1,68023 dan thitung= 1,739, maka thitung ≥ ttabel. Sehingga dalam perhitungan ini Hα diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi Pemanasan Global pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery learning, keaktifan siswa,hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:36
Last Modified: 13 Jun 2023 04:36
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item