PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DASAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 3 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hariyanti, Kartika Syarifah Fitri (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DASAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 3 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S84179996%3A1686631155019721&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16Y8GDsRBwKD49YWgl0Sx0fhgtIGnDMv_%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16Y8GDsRBwKD49YWgl0

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1039576470%3A1686631169107410&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1kgU3GGdNMawEfTKSMRFAlgfCfQnIjudR%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1kgU3GGdNMawEfTK
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-2096401217%3A1686631186947690&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1vJHBnXish-Fa0bM0jyrav6w2qi7CqNwl%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1vJHBnXish-Fa0bM
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1123325437%3A1686631207402737&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1XRtnnca1g4Gn7CI4j-rGvwMjZmN5BMkB%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1XRtnnca1g4Gn7CI
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S1460214809%3A1686631246963580&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1CIlX1_BF6n1clwWPfKTtCaLyILO6UsHP%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1CIlX1_BF6n1clwWP
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-267981526%3A1686631330445883&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11dikuSwVxLqHjxNQK6DieXcBjrh-qrVU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11dikuSwVxLqHjxNQ
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1425229618%3A1686631379668903&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15dX-PL67TtifLDzR0UasASmPGRg42qoy%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15dX-PL67TtifLDz

Download (648kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Pencemaran Lingkungan. 2) Untuk mengetahui bagaimanakah Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Pencemaran Lingkungan. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar siswa kelas pada Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah kelas VII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 46 siswa terdiri dari 23 siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling adalah simpe random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-tes menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0.0.247. Berdasarkan hasil analisis data, Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar siswa kelas kontrol adalah “Sangat Kurang” dengan rata-rata 34,4926. Sedangkan untuk kelas eksperimen Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar siswa “Cukup” dengan rata-rata 57,9713. Pada uji Paired Samples T-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan Model Problem Based Instruction(PBI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:46
Last Modified: 13 Jun 2023 04:46
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item