Ma’ruf, Annas (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Iklim dan Dampaknya Pada Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1006090765%3A1686734446037728&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PmgoWyeflQE1JgFf6U3tGGB-MmX1a7Gm%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PmgoWyeflQE1JgF Download (648kB) |
|
Text (ABSTRACT)
identifier_dsh=S1678188512%3A1686734483281658&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lXlUs5SdjtMVVYpfa4CxsocWWdgRKKBD%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lXlUs5SdjtMVVYpf Download (648kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1375660838%3A1686734500040340&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1RUwpTsePzr4-SsC2cWhqfDlsRZP6M-FY%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1RUwpTsePzr4-SsC Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1996068832%3A1686734520909711&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1dqLc6R2oq3EcJ58n5UJTY3GPZTkCzugj%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1dqLc6R2oq3EcJ58 Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S319664717%3A1686734542843847&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1FvIYaAJCqdvxhkpz623RldHo6jYzI6Jq%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1FvIYaAJCqdvxhkpz6 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S1292211453%3A1686734563285844&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1prhzLv_D16-tDdN1hrvJM81A9mk2DBd5%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1prhzLv_D16-tDdN1 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S235425375%3A1686734583996127&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jgORds_1u5ZEita87s7J1-nVSjQmoR7M%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jgORds_1u5ZEita87 Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1676777284%3A1686734608746973&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F10l4b_UTZ6eCw5iTRiut5Y3457tr-7YI5%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F10l4b_UTZ6eCw5iT Download (648kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada materi perubahan iklim dan dampaknya pada ekosistem, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perubahan iklim dan dampaknya pada ekosistem, 3) untuk mengetahui perbedaan antara menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim dan dampaknya pada ekosistem pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-F dan VII-H dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi . Kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 82,22 untuk kelas eksperimen dan nilai nilai rata-rata post-test 77,84 untuk kelas kontrol yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikansi 5% untuk dk=62 nilai ttabel = 1,999 dan thitung = 3,22, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim dan dampaknya pada ekosistem di kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Base Learning, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 09:26 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 09:26 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |