PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGMATAPELAJARANEKONOMIMATERI BANKDANLEMBAGAKEUANGANBUKANBANKKELASXIPS2SMANEGERI1BERBEK

Junias, Mega Yavena (2019) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGMATAPELAJARANEKONOMIMATERI BANKDANLEMBAGAKEUANGANBUKANBANKKELASXIPS2SMANEGERI1BERBEK. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S722334755%3A1686736479727676&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1a-aksNzQlTqeYGnFOJ9bQuKkAgGCsfhH%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1a-aksNzQlTqeYGnFO

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S722334755%3A1686736496756967&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13JrMN08X7eSUkM0Wm-R4wePRVjhLA1xL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13JrMN08X7eSUkM0Wm
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-787861655%3A1686736520214981&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-VNsLydPybd-psuNYTFBYY4BwAb2rOpa%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-VNsLydPybd-psuN
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-939071969%3A1686736543553400&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F18SL3Ta0Jup61xBcivtjGM3KxrXCECPTq%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F18SL3Ta0Jup61xBci
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S117637764%3A1686736563905385&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1o-w9L0OguMbBnuZICBdN9Qr61YM2_Eoz%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1o-w9L0OguMbBnuZIC
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-100108070%3A1686736584572590&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1c0BJEioGvJAcB4pl5VQ59VqQKPTS3Nww%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1c0BJEioGvJAcB4pl
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1459616503%3A1686736603440896&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15nGyRzScXblf9wwt95BP9Ka7fG19e1fA%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15nGyRzScXblf9ww

Download (649kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Brebek, kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Brebek pada mata pelajaran ekonomi materi bank dan lembaga keuangan bukan bank dalam penggunaan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi emapat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. (2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran ekonomi materi bank dan lembaga keuangan bukan bank kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Brebek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Brebek yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas siswa, lembar penilaian aktivitas guru dan penilaiaan ketuntasan belajar. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata- rata. Dari hasil penelitian ini diperoleh. untuk kreativitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I dengan persentase 61,45% (kreativitas sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 77,50% (kreativitas tinggi)). rata-rata hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 74,28 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II 88,57 (baik sekali) Ketuntasan Hasil belajar siswa pada siklus I terhadap nilai rata-rata 63,33%(cukup), pada siklus II mengalami peningkatan 86,33% (baik sekali). Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi perbankan dan lembaga keuangan bukan bank di kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Brebek.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: kreativitas siswa, model pembelajaran project based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 14 Jun 2023 09:59
Last Modified: 14 Jun 2023 09:59
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item