STUDY KOMPARATIF PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALY)DENGANMETODE PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Munawaroh, Wahyu Dewi Siti (2019) STUDY KOMPARATIF PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALY)DENGANMETODE PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S1980690582%3A1686825138520277&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WmMw5fBDJL3aeSVHzkyXlkgVZSUK7S5M%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WmMw5fBDJL3aeSVH

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S1611652910%3A1686825188994565&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HrJKiHjtKzcLZowjss1tXC5TtsNOVVL5%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HrJKiHjtKzcLZowj
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1493059829%3A1686825264820094&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11wLdok-rlg7iNW71urOZ6qR5IIyfXFPK%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11wLdok-rlg7iNW7
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S285375059%3A1686825320431655&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1dLwcZT629ZmuNN8HVVPNyoiXxQ1UlSAQ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1dLwcZT629ZmuNN8HV
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-184070189%3A1686825467488129&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15rJMKcaXEzLHW_PADmEzXZMWufpvNDgI%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15rJMKcaXEzLHW_PA
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S1007082821%3A1686825516091208&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1fRHKtK7WvFFQL2VEyKgKEWiJu1MkdDbG%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1fRHKtK7WvFFQL2VE
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran TAI (Teamas Assisted Individualy), 2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning), 3) untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualy) dengan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian ini di awali dengan menentukan populasi dan memilih sampel dari populasi yang ada. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 3 Nganjuk, yang menjadi objek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dn siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil tes siswa berupa pre-tes dan post-tes pada mata pelajaran Ekonomi materi Perdagangan Internasional, baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Dari hasil nilai tes kedua kelas tersebut dianalisi sehingga diperoleh nilai rata-rata awal (pre-tes), nilai rata-rata akhir (post-tes). Selanjutnya mencari nilai thitung dengan menggunakan rumus t-test, dan mencari derajat bebasnya dengan taraf signifikan 5% sehingga akan diketahui nilai ttabel. Hasil pada penelitian kelas kontrol menunjukkan nilai pre-tes 58 dan post-tes 66,18, sedangkan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai pre-tes 68,4 dan nilai post-tes 85,15 berdasarkan hasil analisi menggunakan rumus t-tes diperoleh thitung 5,96 dan derajat bebasnya 66 taraf signifikan 5% ttabel adalah 1.66827. Berdasarkan hasil analisa data serta pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mata pelajaran Ekonomi melalui metode pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualy) dengan metode pembelajarn PBL (Problem Based Learning) pada materi Perdagangan Internasional di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari thitung ≥ ttabel yaitu 5,96 ≥ 1.66827. saran yang diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang bermanfaat untuk mencapai tujuan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualy) dengan Metode Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:57
Last Modified: 15 Jun 2023 10:57
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item