EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DARING PEMASARAN DISMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sumartin, Lilik (2019) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DARING PEMASARAN DISMKN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1794859720%3A1686906182676267&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uIjMZ9qrLzGhG_5wQeYwtEVqRuCR-M3J%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1uIjMZ9qrLzGhG_5wQeYwtE

Download (649kB)
[img] Text (ABSTRACT)
identifier_dsh=S1040540371%3A1686906233661071&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nMmjse7ScGjU_srNoKOU9IKxl9kDJNpU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nMmjse7ScGjU_srN

Download (649kB)
[img] Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S386414610%3A1686906261434567&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1f_qnN1R5LJSF5d1nvm65rRGkzxO6T8sL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1f_qnN1R5LJSF5d1nv
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S1309147405%3A1686906278854269&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1K699p-CwHxgrkRrA6AWxDUH9Q4_dGbEc%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1K699p-CwHxgrkRrA

Download (649kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran marketing dengan penerapan model pembelajaran konvensional siswa kelas X Bisnis Daring Pemasaran di SMKN 2 Nganjuk Tahun 2018 - 2019. 2) Untuk mengetahui hasil belajar marketing dengan metode pembelajaran role playing siswa kelas X Bisnis Daring Pemasaran di SMKN 2 Nganjuk Tahun 2018 – 2019. 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran role playing siswa kelas X Bisnis Daring Pemasaran di SMKN 2 Nganjuk Tahun 2018 - 2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Non Randomixed Control Group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X Bisnis Daring Pemasaran sejumlah 148 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas BDP- 2 sejumlah 38 siswa dan Kelas BDP 4 sejumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Kelas BDP-2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas BDP-4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukkan nilai rata-rata pre test untuk kelas kontrol nilai rata-rata 68,770 dan post test untuk kelas eksperimen nilai rata-rata 86,32. Untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db = 73 nilai ttabel= 1,993 dan thitung= 4.281, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Metode Konvensional dan Metode Role Playing terhadap Prestasi Belajar materi Marketing pada siswa BDP-2 dan BDP-4 di SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018-2019”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Role Playing, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 16 Jun 2023 09:13
Last Modified: 16 Jun 2023 09:13
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item