Guntari, Ika Suci (2019) STUDI PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DAN TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PELAJARAN EKONOMI SUB POKOK MANAJEMEN DI SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1022608568%3A1686906688642973&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16ED1Qu_nNc69Py5iKl_sLlOZXmLwVwqc%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16ED1Qu_nNc69Py5iKl_sLl Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S1157688015%3A1686906703150683&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ScpSOV1ibOXRjNMuoVMj4YjXqPAPtxF3%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ScpSOV1ibOXRjNMu Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S580527%3A1686906725834297&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nCJFh2CO8yP0h8QplzZqLzzPdOUwo7_9%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nCJFh2CO8yP0h8QplzZq Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S168466904%3A1686906743738819&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13pDQcVIFOUhRFVbpYD9jl8vqPbe_6yJV%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13pDQcVIFOUhRFVbpY Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S788555122%3A1686906760856628&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12y5gjEMtNL3r6sOiXDlDesO3Or3hNSA7%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12y5gjEMtNL3r6sOiX Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S-872062133%3A1686906780643034&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1AnVO6ahxHI2URIlMjsE41EsZIiWFZ9At%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1AnVO6ahxHI2URIlMjsE41Es Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S973236224%3A1686906799018190&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17rGNMAjbJDvqAS8-I5_g-PI6hG-tpzdL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17rGNMAjbJDvqAS8-I Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk mata pelajaran Ekonomi Manajemen pada tahun 2018/2019 mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe script, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk mata pelajaran Ekonomi Manajemen pada tahun 2018/2019 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 3) untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk mata pelajaran Ekonomi Manajemen Pada tahun 2018/2019 mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan Quasi Esperimen Design. Betuk desain yang digunakan Desain Prates-Posttes Kelompok Statis (The Static Group Pratest-Posttest Design). Tempat yang digunakan penelitian adalah SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X sejulah 358 siswa, dan untuk sampel yang digunakan peneliti Kelas X IPS 1 sejumlah 36 siswa dan X IPS 3 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes subjektif. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen II. Analisis data yang digunakan untuk analisis data yang diperoleh yaitu uji-t. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan siswa pada kelas eksperimen I saat pre tes 41,7% siswa mendapat nilai cukup, dan 58,3% siswa mendapat nilai kurang. Dan saat dilakukan post test menjadi 33,3% kategori sangat baik, 41,7% kategori baik, dan 25% kategoricukup. Pada eksperimen II saat pre tes 19,4% siswa mendapat nilai cukup dan 80,6% siswa mendapat nilai kurang. Dan saat dilakukan post tes meningkat menjadi 36,1% kategori sangat baik, 47,2% kategori baik, dan 16,7% kategori cukup. Berdasarkan dari analisis data yang dilakukan diketahui taraf signifikan 5% untuk dk =77 untuk nilai = 2,00 dan = 2,48, maka yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dikatakan “ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran koopertif tipe script dan tipe jigsaw dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe script, model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 09:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 09:23 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |