ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X PERBANKAN SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Arifin, Anas Nur (2019) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X PERBANKAN SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S1980162738%3A1687179370167329&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ecz_04QG4qPoTTJ1cqUp-7UYWQXErRlU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ecz_04QG4qPoTTJ1cqUp-7U

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S1175231570%3A1687179384226008&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1krNBvs5S32dxmjvDbjE-9KoRYHjnnhjL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1krNBvs5S32dxmjvDbjE-9Ko
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S1811997730%3A1687179401238672&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tqTGgWaOCQRnrpMoAAbiZAU9qlQdfIFM%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tqTGgWaOCQRnrpMo
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S1493417810%3A1687179418002449&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VCikNizalcFaAYYYCiW4JWNh9ysoT1mi%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VCikNizalcFaAYYY
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S671348624%3A1687179454141285&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1e8QjYFDetFsBlOAFqp9xLcKG0xZ1Yjjl%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1e8QjYFDetFsBlOAFq
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-1475600847%3A1687179470402030&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OTwdEojrnW3zaDuMgAsMMZd-gzLOjtQ0%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OTwdEojrnW3zaDu
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S956470705%3A1687179487156884&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HPss8iVj_NT5_P9F9-Lns6stGLbVZl4w%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1HPss8iVj_NT5_P9F9-Lns6st

Download (650kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Perbankan SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019, 2 Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured dyadic methods (SDM) pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Perbankan SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured dyadic methods (SDM) pada mata pelajaran ekonomi Siswa Kelas X Perbankan SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X Perbankan sebanyak 60 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X Perbankan 1 sejumlah 29 siswa dan X Perbankan 2 sejumlah 29 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Kelas X Perbankan 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Perbankan 2 sebagai kelas eksperimen . Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Structured dyadic methods (SDM) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Structured dyadic methods (SDM) 78,06 > rata-rata hasil belajar model pembelajaran konvensional 69,82. Model pembelajaran kooperatif tipe Structured dyadic methods (SDM memberikan hasil yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas X Perbankan SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured dyadic methods (SDM),Model pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 19 Jun 2023 13:03
Last Modified: 19 Jun 2023 13:03
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item