AGUNG, ASEP BUDI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASISPORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X-BDP I SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S-872059224%3A1687336542947193&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1vYmwe1p8ZtNtgSZwiC_WedyoJa1OujQe%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1vYmwe1p8ZtNtgSZwiC_Wedy Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 1 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 yang menggunakan metode konvensional, 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 1 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio, 3) Untuk mengetahui adanya penerapan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 1 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 antara menggunakan metode konvensional dengan model pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X BDP 1 sejumlah 30 anak dan kelas X BDP 2 sejumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X BDP 1 sebagai kelas eksperimen, kelas X BDP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-tes. Penerapan pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X BDP 1 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 melalui tes yang dinyatakan dengan nilai rata-rata nilai tes yang diperoleh yaitu sebesar 85,166 yang berarti amat baik atau berpengaruh dalam penerapan pembelajaran berbasis portofolio terhadap prestasi belajar, sedangkan pada kelas X BDP 2 dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi bisnis melalui test yang dinyatakan dengan rata-rata nilai test yang diperoleh yaitu sebesar 74,1 yang berarti cukup baik. Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh (menggunakan uji-t), diperoleh thitung=8,091 sedangkan ttabel dengan taraf kesalahan (signifikan) 5% untuk n sebanyak 60 (jumlah sampel) dan dk 58 adalah 2,002. Ternyata thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini adanya penerapan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 1 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 antara menggunakan metode konvensional dengan model pembelajaran berbasis portofolio
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 08:45 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:45 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1167 |
Actions (login required)
View Item |