Putra, Yusuf Pradana (2019) Efektifitas Penggunaan Model Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S235492863%3A1687429612895351&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LMVumbuXhgBEXOWRwRzoJ1dKMnoTULqq%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LMVumbuXhgBEXOWRwRzoJ1dK Download (650kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1543163813%3A1687429622237413&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F178JmXGrpon_fcUf2HfHeAXQoAElNhNmG%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F178JmXGrpon_fcUf2HfHeAX Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S873354145%3A1687429635738232&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1h5WIavCQTs1RzI9ID0Vw8zvbMTkqix2D%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1h5WIavCQTs1RzI9ID0Vw8zvb Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-284457589%3A1687429652615070&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F14GMRrv7NzSHII0JXd98igo-WxVFACBml%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F14GMRrv7NzSHII0JXd98igo- Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-653862118%3A1687429666517138&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gg9RptI94N4hy_2S4GlqGznzDBpnOUJw%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gg9RptI94N4hy_2S4GlqGzn Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S2130967702%3A1687429680206334&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1iyYg01ZKUPta5dcMDGgneV7ecBcLENly%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1iyYg01ZKUPta5dcMDGgneV7 Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1576021367%3A1687429702685582&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1FPjtqonw1UaJVoKXuZZuzpl8vuMyv3Ma%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1FPjtqonw1UaJVoKXuZZuzp Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana prestasi hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Mengetahui apakah model pembelajaran Konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sukomoro Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sempel yang digunakan peneliti adalah kelas VII-D sebanyak 32 siswa Pengambilan sempel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dean kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah rumus uji t. Hasil Penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan nilai rata-rata pre test 73, 343 sedangkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme nilai rata-rata post test 79,218. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-test diperoleh thitung=6,62 taraf signifikan 5% diperoleh nilai t tabel=2,04. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 6,62>2,04. Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. penggunaan model pembelajaran konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensiaonal terhadap prestasi belajar pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk tahun Pelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Konstruktivisme, Model Pembelajaran Konvesional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 10:30 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 10:30 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1178 |
Actions (login required)
View Item |