Rusiyati (2019) EFEKTIVITASMETODEPEMBELAJARANOPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGI TIGA KELAS VIISMP NEGERI 1BARONTAHUNPELAJARAN 2018-2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-99854020%3A1687432151564597&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tfzc2D4TaB5rOnzTV-uR0uXXhK5n3_be%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tfzc2D4TaB5rOnzTV-uR0uXX Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1022626719%3A1687432165562460&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYulecaBbDtAT2tjwDNW4MQKDAkCNUWE%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYulecaBbDtAT2tjwDNW4M Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S1241663785%3A1687432240590501&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-nXfpmHDH1vWIjIqAraEeLDKaz-I5ECB%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-nXfpmHDH1vWIjIqAraEeLD Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-519836585%3A1687432291548903&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1g9qc4uOlnjeZmswQBQi3IG2jOno7A4QN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1g9qc4uOlnjeZmswQBQi3IG2 Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S437244829%3A1687432310223466&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IwYX8BXHd4RasjvZqa4yGQsfddXQfk6i%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IwYX8BXHd4RasjvZqa4yGQsf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Open-Ended, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui mana yang efektif metode pembelajaran Open-Ended dengan metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan dua kelas eksperimen dengan desain pre test – posttest control group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini kelas VII sebanyak 278 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII – A sejumlah 32 peserta didik dan kelas VII – H sejumlah 30 peserta didik dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling klaster. Teknik dalam pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Kelas VII – A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII – H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik t – test. Berdasarkan hasil nilai test, peserta didik menunjukkan nilai rata – rata pre – test 66,933 dan post – test 80 untuk kelas eksperimen dan nilai rata – rata pre – test 65 dan post – test 77,833 untuk kelas kontrol. Dari nilai pre – test dan post – test pada kedua kelas tersebut nilai terbaik ada pada kelas eksperimen, dari hasil analisis data akhir diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db 58 nilai t tabelt tabel = 2,004 dan t hitung = 5,381, maka t hitung ≥ t tabel yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima, sehingga “ pada pembelajaran matematika Metode Pembelajaran Open – Ended Lebih Efektif Dibandingkan Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Yang Di Ajarkan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Materi Segi Empat Dan Segi Tiga Di Kelas VII SMP Negeri 1 Baron Tahun Pelajaran 2018-2019.”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Open-Ended, pembelajaran konvensional ,hasil belajar peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 11:13 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 11:13 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
View Item |