EFEKTIVITASMETODEPEMBELAJARANOPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGI TIGA KELAS VIISMP NEGERI 1BARONTAHUNPELAJARAN 2018-2019

Rusiyati (2019) EFEKTIVITASMETODEPEMBELAJARANOPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGI TIGA KELAS VIISMP NEGERI 1BARONTAHUNPELAJARAN 2018-2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-99854020%3A1687432151564597&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tfzc2D4TaB5rOnzTV-uR0uXXhK5n3_be%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tfzc2D4TaB5rOnzTV-uR0uXX

Download (649kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1022626719%3A1687432165562460&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYulecaBbDtAT2tjwDNW4MQKDAkCNUWE%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYulecaBbDtAT2tjwDNW4M
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S1241663785%3A1687432240590501&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-nXfpmHDH1vWIjIqAraEeLDKaz-I5ECB%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-nXfpmHDH1vWIjIqAraEeLD
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-519836585%3A1687432291548903&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1g9qc4uOlnjeZmswQBQi3IG2jOno7A4QN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1g9qc4uOlnjeZmswQBQi3IG2
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S437244829%3A1687432310223466&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IwYX8BXHd4RasjvZqa4yGQsfddXQfk6i%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IwYX8BXHd4RasjvZqa4yGQsf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Open-Ended, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui mana yang efektif metode pembelajaran Open-Ended dengan metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan dua kelas eksperimen dengan desain pre test – posttest control group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini kelas VII sebanyak 278 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII – A sejumlah 32 peserta didik dan kelas VII – H sejumlah 30 peserta didik dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling klaster. Teknik dalam pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Kelas VII – A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII – H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik t – test. Berdasarkan hasil nilai test, peserta didik menunjukkan nilai rata – rata pre – test 66,933 dan post – test 80 untuk kelas eksperimen dan nilai rata – rata pre – test 65 dan post – test 77,833 untuk kelas kontrol. Dari nilai pre – test dan post – test pada kedua kelas tersebut nilai terbaik ada pada kelas eksperimen, dari hasil analisis data akhir diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db 58 nilai t tabelt tabel = 2,004 dan t hitung = 5,381, maka t hitung ≥ t tabel yang berarti H 0 ditolak dan H a diterima, sehingga “ pada pembelajaran matematika Metode Pembelajaran Open – Ended Lebih Efektif Dibandingkan Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Yang Di Ajarkan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Materi Segi Empat Dan Segi Tiga Di Kelas VII SMP Negeri 1 Baron Tahun Pelajaran 2018-2019.”

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Open-Ended, pembelajaran konvensional ,hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 22 Jun 2023 11:13
Last Modified: 22 Jun 2023 11:13
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item