Harum, Sekar (2019) Studi Komparatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Perbandingan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S2047059036%3A1687432792115032&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1T4pZ6E6_2a_43U1T0OsP8m2G12yNVTh9%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1T4pZ6E6_2a_43U1T0OsP8m2 Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S269115444%3A1687432803743062&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1saT1h7WdiEC2kPWCIRc-RTLNrFfl2Fuc%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1saT1h7WdiEC2kPWCIRc-RTLN Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-201221599%3A1687432823406702&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12TTf4g-YHguqR_adhwGJaYDnbVaw0858%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12TTf4g-YHguqR_adhwGJaYD Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S235126194%3A1687432840179393&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F114LXOpANmmIIwGDhQOafnicxNbQCP9KU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F114LXOpANmmIIwGDhQOafnicx Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1073567164%3A1687432868731358&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F18f6Ng5ZLUZ9dELeOWDrrXM8mnWs-PIkP%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F18f6Ng5ZLUZ9dELeOWDrrXM Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S1745643642%3A1687432889077987&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1GSrecJwjKU5BtPpPSPyj7SHhaxZI6l6I%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1GSrecJwjKU5BtPpPSPyj7SH Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S2030704868%3A1687432905016873&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1cTMIslp-NKF2SK2xjLp7hY1v2jeyQqay%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1cTMIslp-NKF2SK2xjLp7hY1 Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), 3) Untuk mengetahui mana yang efektif model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode eksperimen quasi dengan menggunakan dua kelas eksperimen dengan desain the non equevalen pretest – posttest desaign. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini kelas VII sebanyak 278 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII – B sejumlah 32 peserta didik dan kelas VII – I sejumlah 28 peserta didik dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling klaster. Teknik dalam pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Kelas VII – B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII – I sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik t – test. Berdasarkan hasil nilai test, peserta didik menunjukkan nilai rata – rata pre – test 76,928 dan post – test 84,125 untuk kelas eksperimen dan nilai rata – rata pre – test 67,5 dan post – test 77,285 untuk kelas kontrol. Dari nilai pre – test dan post – test pada kedua kelas tersebut nilai terbaik ada pada kelas eksperimen, dari hasil analisis data akhir diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db 54 nilai = 2,004 dan = 2,533, maka ≥ yang berarti ditolak dan diterima, sehingga “ pada pembelajaran matematika model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, NHT (Numbered Heads Together),hasil belajar peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 11:24 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 11:24 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1180 |
Actions (login required)
View Item |