Cahyani, Novi (2019) Implementasi Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1207453680%3A1687435031899419&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Q0XSIqJo2zPZdFG-aISDkjwd-COhfygG%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Q0XSIqJo2zPZdFG-aISDkj Download (649kB) |
|
Text (ABSTRACT)
identifier_dsh=S1258887772%3A1687435045335836&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Emf2eXHb7R6uLKrLoYjhrZjq9M1RZsWO%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Emf2eXHb7R6uLKrLoYjhrZj Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1257541771%3A1687435059697862&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DiNy4_CmFEdaVf_l9UxSoCJIP0ROhBUW%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DiNy4_CmFEdaVf_l9UxSoC Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S1376619019%3A1687435072020893&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DJ4-RTBJNAcOZUvL072VmVe1DazUEqCt%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DJ4-RTBJNAcOZUvL072VmVe Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S1510684218%3A1687435083258423&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JTyhkO5C8ren3DZ8kClIxFxF8h0wlMbB%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JTyhkO5C8ren3DZ8kClIxFx Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1174393316%3A1687435099576970&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11spNOwzrlB4YDv-Ni_PB4v5zkm6kRBfk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11spNOwzrlB4YDv-Ni_PB4v Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S-1274457939%3A1687435114314897&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nqAKd9Mz2QIynIUo0HhxLGSoCfo755sY%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nqAKd9Mz2QIynIUo0HhxLG Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S285706013%3A1687435129332370&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1umoRePw9oS7rOgkx1aXEscxp1HPyno4N%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1umoRePw9oS7rOgkx1aXEscxp Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui hasil kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa dengan menggunakan model learning cycle 7e (3) untuk mengetahui apakah model learning cycle 7e lebih tepat diterapkan dibandingkan dengan model pembelajaran konvesioanal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbek Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest – Only Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN Negeri 2 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 155 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII C sebanyak 30 siswa dan kelas VIII D sebanyak 30 sisiwa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes tulis dan dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t – test Berdasarkan hasil nilai post – test, nilai siswa kelas kontrol dengan mengunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata – rata post test 72,833 dan nilai siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model learning cycle 7e memperoleh nilai rata – rata post – test 81,5 yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk dk = 58 nilai t tabel = 2,002 dan t hitung = 5,8 , maka t hitung t tabel yang berarti Ho ditolak Ha diterima. Sehingga model learning cycle lebih tepat diterapkan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 berbek kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle 7E, hasil kemampuan berpikir kritis matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 12:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 12:00 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
View Item |