Rahmadani, Suci (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso Pada Materi Bangun Datar Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S286226793%3A1689594837088387&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PI1c1fFQrJJBepQEZyyn2ogdLa39jnfd%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1PI1c1fFQrJJBepQEZyyn2ogd Download (611kB) |
|
Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S-2012416875%3A1689594851764315&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1CsjH0tjT6VENu-HO8g9kPNNk4xjQTkY7%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1CsjH0tjT6VENu-HO8g9kPN Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning, 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik dengan Model Pembelajaran Konvensional, 3) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Bangun Datar di Kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain two group randomized subject post test only. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu kelas VII-G sejumlah 32 peserta didik dan VII-H sejumlah 32 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Kelas VII-G sebagai kelas control dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-tes. Berdasarkan hasil tes. Peserta didik menunjukkan rata-rata nilai post test 62,156 untuk kelas control dan nilai rata-rata post test 75,5 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db = 62 nilai dan , maka yang berarti ditolak dan diterima. Sehingga “adanya perbedaan yang signifikan terhadap keaktifan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran discovery learning kelas VII SMP Negeri 1 Rejoso pada materi Bangun Datar Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran discovery learning, keaktifan belajar peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 11:56 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 11:56 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1200 |
Actions (login required)
View Item |