Penerapan Model Pembelajaran Matematika Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada MateriStatistikaKelas XISMK Negeri 1 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Mawardani, Retno Palupi Dwi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada MateriStatistikaKelas XISMK Negeri 1 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1744347660%3A1689595199371308&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jBAWfdjwSpWH_7BIkbvL1yqh7rIjnxuV%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jBAWfdjwSpWH_7BIkbvL1y

Download (611kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S2031086176%3A1689595212193549&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1rT5r7zIswK5HoFpYl8oLJfkqOC2ETmCL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1rT5r7zIswK5HoFpYl8oLJfk
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S906776362%3A1689595231421988&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1zFBMqtYAXf9bYnHrRMm-lmprRjLn--zr%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1zFBMqtYAXf9bYnHrRMm-lmpr
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1894857495%3A1689595247145945&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1SxyZVvPO-nvj7ecyEl-RCdHOt9MyROVA%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1SxyZVvPO-nvj7ecyEl-RCd
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1005736545%3A1689595264690613&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ay3F5cGwByy6r1T3ThBlfi-KtdAAm_q9%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ay3F5cGwByy6r1T3ThBlfi
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-1727499971%3A1689595286802549&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F127Z8y3aamxhcoq09sC05I6OJ9PxrQOc9%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F127Z8y3aamxhcoq09sC05I6
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S1427023963%3A1689595308701765&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lkpFTw6gEH5tcUbBGY7rFk6MYctNMY6F%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lkpFTw6gEH5tcUbBGY7rFk6

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) 3) Untuk mengetahui bahwa model pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi statistika kelas XI SMK Negeri 1 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian komparatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Bagor. Populasi penelitian yaitu kelas XI sebanyak 280 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI TKJ 2 sejumlah 36 siswa dan kelas XI MM 1 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MM 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi statistika dengan pembelajaran Konvensional sebelum dan sesudahnya memiliki rata-rata 66,5 dan 76,722 sedangkan dengan pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) sebelum dan sesudahnya memiliki nilai rata-rata 75,833 dan 78,277. Dari rumus uji-t diperoleh = 5,626 dan dari dengan taraf signifikan 5% diketahui = 1,994. Maka > yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Model Pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) lebih efektif dibandingkan dengan Model Pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Statistikakelas XI SMKNegeri 1 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jucama (Pengajuan dan Pemecahan Masalah), Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 17 Jul 2023 12:05
Last Modified: 17 Jul 2023 12:05
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item