Efektivitas model pembelajaran kooperatif metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan garis dan sudut pada siswa kelas VII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/1019

Abadi, M. Faishol (2019) Efektivitas model pembelajaran kooperatif metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan garis dan sudut pada siswa kelas VII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/1019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S889804216%3A1689595915519949&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1YoNRP9Nc3ajkSogkvHu5l0AVM042hwEO%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1YoNRP9Nc3ajkSogkvHu5l0AV

Download (612kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1106694980%3A1689595922350912&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1QGTW8h9kJBooRmtsQcyTH6VrAmVw3Cf7%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1QGTW8h9kJBooRmtsQcyTH6
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S2114307388%3A1689595944839350&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JRCHkFKqyPswJgC-k6lpeVs97DQ53eDm%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JRCHkFKqyPswJgC-k6lpeVs
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S1275129980%3A1689595961587531&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1GUuZNMpZTi3H7BCq1DyuHIcf253YhkY0%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1GUuZNMpZTi3H7BCq1DyuHIc
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S704686862%3A1689595978046797&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1X-iVoMprMF9TlMay1HH7BCsuP6XbOGQT%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1X-iVoMprMF9TlMay1HH7BCsu
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-2079571445%3A1689596002753105&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-3AXxlbssxrtOfA6tMJSyDICzLn-BbBo%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-3AXxlbssxrtOfA6tMJSyD
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S286226793%3A1689596028745347&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1TAtsLZxq8J-zdXZSXzrIu8R2EcyORfCa%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1TAtsLZxq8J-zdXZSXzrIu8R2

Download (612kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining, (2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional, (3) Untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantutatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019.. Sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas VII-A dan VII-B Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan model diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebeleum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 3,33 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 2,04 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung > Ttabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi garis dan sudut pada siswa kelas VII SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/1019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 17 Jul 2023 12:16
Last Modified: 17 Jul 2023 12:16
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item