Penerapan Model Pembelajaran Tame Game Tournament terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Pratama, Hardika Mika (2019) Penerapan Model Pembelajaran Tame Game Tournament terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1408861628%3A1689596854290954&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1hxvkD3KdG3BUPySNWrObAjWoWLFGvuef%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1hxvkD3KdG3BUPySNWrObAj

Download (611kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-402382694%3A1689596872783715&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tlw35AkneI4E8Nz0P0JiDGr9ChQU-5aR%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tlw35AkneI4E8Nz0P0JiDGr
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-2062736650%3A1689596889693498&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jZlIPyk3-dcCUadkowTmveenaaMloe0p%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1jZlIPyk3-dcCUadkowTmve
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S1292883525%3A1689596905820170&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16QW54t0T_ApNwRaSTV5J8LjvDRMtJp-d%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16QW54t0T_ApNwRaSTV5J8Lj
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S923019255%3A1689596929239958&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16xfiHuHTTTmpsa4PsZJHoBqKn05vWZ21%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16xfiHuHTTTmpsa4PsZJHoBqK
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S336350327%3A1689596948400256&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1X7CiWWmb7POfok423GNU8CpVpXmDC7pg%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1X7CiWWmb7POfok423GNU8CpV
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1811268852%3A1689596962932799&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYD0tpSi9GUj51f7aznyDqfb270gb6qC%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1WYD0tpSi9GUj51f7aznyDq

Download (612kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament),2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional,3)mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa antara model TGT (Team Game Tournament) dengan model Konvensional pada materi materi penyajian data siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 288 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplin, kelas VII-C sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Team Game Tournament, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, yang sebelumnya telah dilakukan diuji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelas eksperimen siswa mencapai KKM mengalami peningkatan sebanyak 90%, sedangkan pada kelas control siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan sebanyak 50%. Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian pada bab IV yang telah dilakukan penelitian diperoleh hasil thitung = 4,84 dan ttabel = 2,00 dengan dk 62 dan taraf signifikan 5%. Maka thitung > ttabel. Dari data tersebut disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan sehingga ada perbedaan hasil belajar matematika pada materi penyajian data dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dengan model pembelajaran Konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Game Tournament, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 17 Jul 2023 12:31
Last Modified: 17 Jul 2023 12:31
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item