Peer Review : Solusi Pencemaran Air Menggunakan Teknik Fitoremediasi Sebagai Bentuk Penerapan Model Project Based Learning di Masa Pandemi Covid-19

Dewi,, Imega Syahlita (2021) Peer Review : Solusi Pencemaran Air Menggunakan Teknik Fitoremediasi Sebagai Bentuk Penerapan Model Project Based Learning di Masa Pandemi Covid-19. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5 (1). pp. 158-166. ISSN 2581-1843

[img] Text (Peer Review)
5C. PEER REVIEW 5.pdf

Download (835kB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1ed4Gml_mBot2iJroW...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning dimasa pandemi Covid-19. Konsep pembelajaran berbasis proyek ini diterapkan dalam upaya memantik keaktifan dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimental. Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa instrumen  tes, angket, dan observasi. Kegiatan mahasiswa dilakukan dalam bentuk proyek praktikum dengan tema “Solusi Pencemaran Air Melalui Teknik Fitoremediasi”. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data menunjukkan peningkatan jika sebelum perlakuan atau pretest sebesar 0,24 (kriteria rendah) menjadi 0,41 (kriteria sedang). Hasil data praktikum juga menunjukkan bahwa fitoremediasi menggunakan fitoremediator eceng gondok terbukti efektif dalam menekan pencemaran air.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 19 Dec 2023 12:51
Last Modified: 19 Dec 2023 12:51
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item