Peer Review : Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk pada Mata Kuliah IPA Terpadu

Dewi,, Imega Syahlita (2018) Peer Review : Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk pada Mata Kuliah IPA Terpadu. Jurnal Dharma Pendidikan, 13 (2). pp. 56-68. ISSN 1907-2813

[img] Text (Peer Review)
7C. PEER REVIEW 7.pdf

Download (928kB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1tlwAv0bFmilgyek8O...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan IPA pada mata kuliah IPA Terpadu di STKIP PGRI Nganjuk. Jenis  Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siklus I dan siklus II, yakni pada siklus I kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 52,88 % dan pada siklus II sebesar 71,15 %. Aktivitas belajar mahasiswa dalam penelitian ini meliputi dua indikator yaitu berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) dan berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi), menunjukkan bahwa berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) pada siklus I sebesar 70,07% meningkat menjadi 81,84% pada siklus II, serta hasil peningkatan juga terjadi untuk indikator berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi) sebesar 2,61% pada siklus I meningkat menjadi 3,17% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa. Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan, masukan serta saran dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:28
Last Modified: 20 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item