Artikel : Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Dewi,, Imega Syahlita (2019) Artikel : Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7. pp. 174-180.

[img] Text (Artikel)
15A. ARTIKEL PROSIDING HAYATI_EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayat...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII dengan menggunakan model pembalajaran langsung (Direct Instruction), 2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII setelah menggunakan model pembelajaran guided inquiry, 3) Untuk mengetahui efektif atau tidaknya Model pembelajaran guided inquiry dan model pembalajaran langsung (Direct Instruction) terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII B sebanyak 23 siswa sebagai kelas kotrol dan VII C sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-tes menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.0. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 71,35 dan nilai rata-rata post-test 74,91 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pre-test 74,39 dan nilai rata-rata post-test 82,91 untuk kelas eksperimen yang berarti lebih baik dari pada kelas kontrol, pada uji hipotesis menggunakan Paired Samples T-test, didapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, Artinya model pembelajaran Guided Inquiry sangat efektif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 20 Dec 2023 10:57
Last Modified: 20 Dec 2023 11:02
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item