PUSPITASARI, YULIA DEWI (2017) Artikel : PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA. JURNAL DHARMA PENDIDIKAN, 12 (1). pp. 13-22. ISSN 1907 – 2813
Text (Artikel)
9. Jurnal_Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Metode Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017. (2) kemampuan kognitif mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan IPA sebanyak 10 mahasiswadengan penelitian dikhususkan pada mata kuliah fisika dasar 2. Data diperoleh melalui pengamatan, Kuis, kuesioner dan kajian dokumen. Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikkuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. (2) Penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata kuliah fisika dasar 2 program studi pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2016/2017. Ketuntasan belajar siswa dapat mencapai 33,33% pada siklus I dan 73,33% pada siklus II dari Standar Ketuntasan Minimum sebesar 57.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | CTL, Jigsaw, Aktivitas, Kognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 09:10 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 09:11 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/186 |
Actions (login required)
View Item |