Artikel : Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa

PUSPITASARI, YULIA DEWI Artikel : Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa. JURNAL DHARMA PENDIDIKAN, 13 (1). pp. 131-143. ISSN 907 – 2813

[img] Text (Artikel)
10. Jurnal_Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Berbantu Modul Pembelajaran Terhadap Critical Thinking Skill Mahasiswa.pdf

Download (113kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)critical thinking skill mahasiswa menggunakan metode konvensional, (2) hasil belajar IPA mahasiswa menggunakan model Means-Ends Analysis (MEA), (3) mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaranMeans-Ends Analysis (MEA) terhadap critical thinking skill mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain True Experimental Design Random.Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan IPA Semester 1. Pemilihan sampel dilakukan dengan random samplingyaitu dengan cara sampling klaster. Sampelnya adalah semester 1 Pend. IPA sebagai kelas eksperimen sebanyak 13mahasiswa dan semester 3 Pend. Matematika sebagai kelas kontrol sebanyak 20mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Means-Ends Analysisberbantu modul pembelajaran.Sedangkan variabel terikatnya adalah critical thinking skill mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t model polled varians dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,640 dan ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Means-Ends Analysis berbantu modul pembelajaran efektif terhadap critical thinking skill mahasiswa.

Item Type: Article
Additional Information: INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Means-Ends Analysis, Modul Pembelajaran, Critical Thinking Skill
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:31
Last Modified: 04 Jun 2021 09:31
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item