Maduretno, Tri Wahyuni, (0706039002), T. W. Maduretno (2017) Tingkat Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Sains Pada Konsep Diagram Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 03 (02). pp. 78-87. ISSN 2442-904X
Text
5. Artikel Publish - Tingkat Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Sains Pada Konsep Diagram Gaya.pdf Download (2MB) |
Abstract
"Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kemandirian mahasiswa Pendidikan Sains pada mata kuliah Mekanika pada konsep Diagram Gaya. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Sains semester III Tahun Akademik 2016/2017 secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis untuk mengetahui kemandirian mahasiswa saat mengerjakan konsep diagram gaya dan angket untuk mengetahui tingkat kemandirian mahasiswa serta wawancara untuk menguatkan jawaban yang diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket. Hasil penelitian tingkat kemandirian mahasiswa Pendidikan Sains adalah mahasiswa memiliki rasa percaya diri dengan kategori tinggi 69,2%, cukup 30,8%, indikator inisiatif sendiri dengan kategori tinggi 69,2% dan cukup 30,8%, perilaku disiplin mahasiswa pada kategori tinggi 61,5% dan cukup 38,5%. Akan tetapi, indikator ketidaktergantungan mahasiswa dengan kategori tinggi 30,77%, cukup 69,23%, pengontrolan diri mahasiswa dengan kategori tinggi 53,8%, cukup 46,2% dan tanggung jawab mahasiswa pada kategori tinggi 30,8%, cukup 69,2% yakni kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap penyelasaian tugas karena mereka kurang memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. "
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | tingkat kemandirian, diagram gaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 07 Aug 2021 09:59 |
Last Modified: | 07 Aug 2021 15:43 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |