UNSPECIFIED (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KELASE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERBEK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK INDO)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (ABSTRAK INGG)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (64kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) hasil belajar siswa dengan tidak mengunakan media pembelajaran berbasis Kelase, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase, 3)mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 287 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling, kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Kelase, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian pada bab IV yang telah dilakukan penelitian diperoleh hasil thitung = 4,3 dan ttabel = 2,00 dengan dk 62 dan taraf signifikan 5%. Maka thitung > ttabel. Dari data tersebut disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan sehingga ada perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Kelase kelas VIII SMP Negeri 1 Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Kelase, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 10:59 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 10:59 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/351 |
Actions (login required)
View Item |