UNSPECIFIED (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Model Firing Line Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (64kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) 1. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan diterapkan Pembelajaran Aktif Model Firing Line pada siswa kelas X, 2) 2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan diterapkan Model Konvensional pada siswa kelas X, 3) 3. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi antara penerapan Strategi Pembelajaran aktif model Firing Line dan Model Konvensional pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X AKL, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL II dan X AKL III dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Diambil dua kelas dari populasi dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kotrol. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi . Kelas X AKL II sebagai kelas kontrol dan kelas X AKL III sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata 63,81 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,17 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikansi 5% untuk Dk = 69 nilaii ttabel = 2,000 dan thitung= 5,866, maka thitung ≥ ttabel. Sehingga dalam perhitungan ini Hα diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi pembelajaran Aktif Model Firing terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Aktif Firing Line, Model Pembelajaran Konvensional, Prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 12:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 12:14 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
View Item |