Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Model Firing Line Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

UNSPECIFIED (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Model Firing Line Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) 1. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan diterapkan Pembelajaran Aktif Model Firing Line pada siswa kelas X, 2) 2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan diterapkan Model Konvensional pada siswa kelas X, 3) 3. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi antara penerapan Strategi Pembelajaran aktif model Firing Line dan Model Konvensional pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X AKL, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL II dan X AKL III dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Diambil dua kelas dari populasi dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kotrol. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi . Kelas X AKL II sebagai kelas kontrol dan kelas X AKL III sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata 63,81 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,17 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikansi 5% untuk Dk = 69 nilaii ttabel = 2,000 dan thitung= 5,866, maka thitung ≥ ttabel. Sehingga dalam perhitungan ini Hα diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi pembelajaran Aktif Model Firing terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Aktif Firing Line, Model Pembelajaran Konvensional, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 19 Jan 2022 12:14
Last Modified: 19 Jan 2022 12:14
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item