Rahayu, Nyonik Rahayu (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMAN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK IND)
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text (ABSTRAK INGG)
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (65kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan metode Konvensional. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counterpoint. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan metode konvensional dengan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counterpoint. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMAN 2 Nganjuk sebanyak 1.067 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPS2 dengan jumlah 34 siswa dengan mengambil sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre tes 71 dan post test 83,5 Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 33 tTabel = 1,69236 dan tHitung = 10,702, maka tHitung > tTabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counter Point terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMAN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran aktif model point counter point, hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 10:50 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 10:50 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/355 |
Actions (login required)
View Item |