Artikel: Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

V.S.Andrini, - (2021) Artikel: Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Ilmu, 6 (2). pp. 287-294. ISSN 2685-9033

[img] Text (Artikel)
1. Jurnal-Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Ha.pdf

Download (307kB)

Abstract

Hasil belajar mahasiswa rendah. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan kuis interaktif menggunakan aplikasi mentimeter dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif. Jenis desain penelitian yang diguakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 mahasiswa semester III yang menempuh mata kuliah Mekanika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik yang digunakan yaitu Uji T Paired. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata hasil belajar jika berdasarkan nilai postest sebesar 78,00 lebih besar daripada nilai pretest sebesar 68,00. Pengunaan aplikasi mentimeter sebagai kuiz interaktif membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Antarmahasiswa menunjukkan adanya kompetisi yang positif setiap diadakan kuis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan layaknya bermain menggunakan smartphone.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Quiz Interaktif, Mentimeter, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 16 Feb 2022 09:46
Last Modified: 16 Feb 2022 09:46
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item