PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI PERAN PELAKU EKONOMI PADA SISWA KELAS X BDP SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Saraswati, Yulia (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI PERAN PELAKU EKONOMI PADA SISWA KELAS X BDP SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ABSTRAK)
view_usp=sharing

Download (65kB)
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing

Download (65kB)
[img] Text (SKRIPSI BAB 1 SAMPAI 5)
view_usp=sharing

Download (65kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Peran pelaku ekonomi sebelum model pembelajaaran student fasilitator and explaining, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi peran pelaku ekonomi sesudah menggunakan model pembelajaran student fasilitator and explaining, 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Peran pelaku ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran student fasilitator and explaining pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian kelas X BDP sebanyak 108 siswa, sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas X BDP 2 dan X BDP 3 dan masing-masing sejumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X BDP 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X BDP 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan penelitian adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan tes siswa menunjukkan rata-rata post test 67,67 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 80,80 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 60 nilai ttabel = 2,000 dan thitung = 5,756, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran student fasilitator and explaining pada materi peran pelaku ekonomi mata pelajaran ekonomi siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran student fasilitator and explaining, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 17 May 2022 09:58
Last Modified: 17 May 2022 19:32
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item