UNSPECIFIED (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) PADA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 5 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah 1).Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 2).Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi belajar, 3).Untuk mengetahui Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran picture and picture (PAP) pada pembelajaran ipa dengan materi tata surya untuk meningkatkan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain the one group pretest-posttest design. Tempat yang digunakan dalam penitian ini SMPN 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Popoulasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 282 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-3 sejumlah 25 siswa.Tekhnik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi . kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen.Tekhnik analisa data yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes.siswa menujukkan nilai rata-rata pre test 77,04 dan post test 83,92 pada kelas eksperimen.berdasar hasil analisis uji Paired hasil Sig menunjukkan 0,01artinya lebih kecil dari 0,05, maka terdapat perbedaan Rata- Rata sebelum dan sesudah perlakuan. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga”ada peningkatan yang signifikan setelah model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”. Berdasarkan hasil nilai tes. Pada sebelum penerapan nilai rata-rata adalah 73,05 dan nilai variannya 64,68 ,sedangkan nilai sesudah penerapan 78,71 dan nilai variannya 73,77.kemudian di distribusiakan padfa rumus t-test diperoleh thitung adalah 2,96, dan derajat bebasnya 74 taraf signifikan = 5 % ttabel adalah 2,00. Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga ”ada peningkatan yang signifikan sesudah penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap mata pelajaran IPA dengan materi Tata surya pada siswa kelas VII SMPN Negeri 5 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganju.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, picture and picture ,prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 18 May 2022 12:23 |
Last Modified: | 19 May 2022 10:27 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/469 |
Actions (login required)
View Item |