Nuremi, Siti (2020) STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOMORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUISTAKA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, untuk mengetahui hasil belajar IPA materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi pemanasan global antara menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Reciprocal Teaching pada kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one-group posttest-only. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-D sejumlah 32 siswa dan kelas VII-E sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random/ acak dari sebuah populasi. Teknik pengumpulan data dengan teknik tertulis dan dokumentasi. Kelas VII-D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-E sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis komparatif jenis statistik parametik uji-t. Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa kelas eksperimen 1 menunjukkan nilai rata-rata posttest 79,13 yang menunjukkan kategori baik dalam kreteria hasil nilai tes, sedangkan siswa kelas eksperimen 2 menunjukkan nilai rata-rata posttest 70,37 yang menunjukkan kategori cukup baik dalam kreteria hasil nilai tes. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah berdistribusi normal dan homogen diketahui nilai sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 maka ditolak dan diterima. Sehingga dalam penelitian ini “ada perbedaan hasil belajar IPA materi pemanasan global antara menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Reciprocal Teaching pada kelas VII SMP Negeri 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganju.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Problem Solving, model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 20 May 2022 11:21 |
Last Modified: | 20 May 2022 11:21 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/472 |
Actions (login required)
View Item |