Suryakusuma, Vicky Febrianto, 201710100283 (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN PPKN MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTU AUDIO VISUAL SECARA DARING PADA MATERI ANCAMAN TERHADAP INTEGRITAS NASIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK lNDONESlA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ABSTRAK lNGGRlS)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (BAB l)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text (BAB ll)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text (BAB lll)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text (BAB lV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
Abstract
Agar siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar mengajar, strategi belajar dipengaruhi oleh strategi belajar yang dipilih atau digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode/strategi pembelajaran guru adalah Thinking Aloud dengan Pemecahan Masalah Berpasangan (TAPPS). Saat pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), siswa merefleksikan teknik dimana dua siswa bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah dengan berbantu media audio visual.Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara metode konvensional dan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) metode tentang kemampuan belajar siswa pada materi Ancaman terhadap integritas nasional siswa kelas X SMAN 1 NGANJUK tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Kemampuan belajar siswa dalam metode Konvesional pada materi luas dan keliling persegi panjang siswa kelas X SMAN 1 NGANJUK tahun ajaran 2020/2021. (2) Kemampuan belajar siswa dalam metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada materi luas dan keliling persegi panjang siswa siswa kelas X SMAN 1 NGANJUK tahun ajaran 2020/2021. (3) Perbedaan kemampuan belajar siswa dalam metode Konvesional dan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada materi ancaman terhadap integritas bangsa siswa siswa kelas X SMAN 1 NGANJUK tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen “Quasi Experiment”, pada kelompok eksperimen adalah siswa yang menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), dan kelompok kontrol adalah siswa yang menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penetiaan siswa kelas kelas X SMAN 1 NGANJUK yang berjumlah 348 siswa. Dari 10 kelas X yang diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel, yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 34 siswa dan kelas X IPS 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah analisa statistik yaitu t-test. Hasil penelitiaan pada kelas eksperimen menunjukkan rata-ratanya adalah 75,84 sedangkan kelas kontrol menunjukkan rata ratanya adalah 72,2. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-test diperoleh thitung = 22,21 dan derajat bebasnya 48 taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel = 1.9983. Setelah diperoleh nilai thitung = 22,21 dan ttabel =1.9983. Hal ini berarti hipotesi yang ditunjukkan peneliti "Diterima". Adapun hipotesis yang di maksud berbunyi : ”Ada perbedaan kemampuan belajar siswa pada materi Ancaman Terhadap Integritas Nasional kelas X SMAN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021 antara metode konvensional dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantu Audio Visual Secara Daring."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Metode Thinking Aloud Pair Problem solving (TAPPS), Kemampuan belajar siswa, Audio visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 10:24 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 10:24 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/498 |
Actions (login required)
View Item |