Faiqoh, Nila Himatul, 201710300975 and Patmaningrum, Agustin, 0711087601 (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs DARUL IHSAN NGANJUK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT, 3) untuk mengetahui perbedaan strategi pembelajaran REACT dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan desain true experiment design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs Darul Ihsan Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 152 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII A sejumlah 30 siswa dan kelas VIII B sejumlah 30 siswa dengan mengambil sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah analis statistic t-test. Berdasarkan nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata – rata post test 78,53 untuk kelas control dan nilai rat-rata post test 83,3 untuk kelas experiment yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf siknifikasi 5% untuk Dk = 58 nilai = 2,01 dan = 2,10, maka yang berarti ditolak dan diterima. Sehingga “ada perbedaan yang siknifikan antara strategi pembelajaran REACT dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran pada kelas VIII MTs Darul Ihsan Tahun Pelajaran 2020/2021”. Abstrak ditulis dalam 1 paragraf, ringkas, tidak menjorok, dan padat yang mencerminkan isi keseluruhan naskah yang terdiri atas tujuan, metode penelitian dan ringkasan hasil. Ditulis dalam Bahasa Indonesia maksimum 250 kata. Format huruf adalah Times New Roman 10, spasi 1, justify.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran REACT, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 10:03 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 10:03 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/571 |
Actions (login required)
View Item |