Andriyani, Reni, 201710300977 and Patmaningrum, Agustin, 0711087601 (2021) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGANJUK MELALUI APLIKASI EDMODO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Nganjuk melalui aplikasi edmodo tahun pelajaran 2020/2021, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 3 Nganjuk melalui aplikasi edmodo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method), yaitu gabungan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, namun lebih menekankan pada metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Sekuensial Eksplanatori. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII-C sejumlah 32 siswa dan diambil 6 subjek penelitian menggunakan tes. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif, namun lebih menekankan pada data kualitatif dengan menggunakan uji kredibilitas dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 3 Nganjuk melalui aplikasi edmodo tahun pelajaran 2020/2021 berada pada kategori yang baik dengan nilai rata-rata = 83,5. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa kemandirian belajar yang dimiliki peserta didik lebih banyak didapatkan pada indikator inisiatif belajar, sedangkan pada indikator self ef icacy (konsep diri) lebih sedikit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar siswa, Aplikasi edmodo |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 10:42 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 10:42 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
View Item |