Rohmatin, Diah Umi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAPKEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII MTs DARUL IHSAN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSRAK)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR), 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran DMR dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan belajar siswa pada materi penyajian data siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan desain true experiment design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs Darul Ihsan Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 168 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII A sejumlah 30 siswa dan kelas VII B sejumlah 30 siswa dengan mengambil sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah analis statistic t-test. Berdasarkan nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata – rata post test 78,53 untuk kelas control dan nilai rat-rata post test 83,3 untuk kelas experiment yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf siknifikasi 5% untuk Dk = 58 nilai ttabel = 2,01 dan thitung = 2,10, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang siknifikan antara model pembelajaran diskursus multirepresentasi (DMR) dengan metode pembelajaran konfensional terhadap kemampuan belajar matematika materi penyajian data pada kelas VII Mts Darul Ihsan Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganju.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | diskursus multi representasi (DMR), kemampuan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > NN |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:52 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:52 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/58 |
Actions (login required)
View Item |