EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X DI SMKN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Wibowo, Dian Ariyanto, 201710500029 and Andrini, Vera Septi, 196509161991122001 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X DI SMKN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah pembelajaran daring mengunakan aplikasi Google Classroom dan WhatApp pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 2). Bagaimanakah kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas X, 3). Adakah pengaruh pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar Pada Mata pelajaran kimia siswa kelas X di SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk desain korelasional dengan pendekatan kuantiatif metode one shot case study yaitu dengan melakukan penelitian secara seksama dalam mempelajari fenomena atau masalah. teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Tempat pada penelitian ini adalah SMKN 1 Nganjuk yang berfokus pada mata pelajaran kimia kelas X. penelitian nantinya akan memiliki populasi sebanayak 253 orang dan sampel sebanyak 72 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Dengan memakai analisis deskritif, uji validasi dan uji reabilitas, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis korelasional. Menggunakan M.S Excell dan SPSS IBM Version 2017 dengan teknik hipotesis Analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua variabel yaitu variabel bebas belajar online dengan WhatApp dan Google Classroom (X) dan variabel terikat kemampuan belajar (Y). Analisis deskriptif pembelajaran Google Classroom dan WhatApp siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (60%) dan variabel kemampuan belajar siswa X TKJ 1 dan X TKJ 2 berada pada kategori sedang (53%) . Uji validasi angket no. 1 sampai 25 semuanya dinyatakan valid karena melebihi nilai rtabel yaitu 0,2319. Pada uji reliabilitas, jumlah butir angket adalah 25 soal dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,742 dimana (p > 0,6) sehingga angket dinyatakan reliabel. Pada uji normalitas, variabel (X) memiliki nilai Asymp.sig sebesar 0,200 dan variabel (Y) memiliki nilai Asymp.sig sebesar 0,064 yang lebih besar dari 0,05, sehingga data untuk kedua variabel berdistribusi normal. Uji linieritas data dilakukan pada variabel (X) dan variabel (Y) dimana kedua variabel tersebut dinyatakan linier karena memiliki tingkat Sig. Deviasen dari Linearity lebih dari 0,05 yaitu 0,255. Dalam uji hipotesis, koefisien korelasi variabel X dengan Y (rxy) adalah 0,795, sehingga dikategorikan memiliki tingkat korelasi kuat, yaitu berada pada kisaran 0,60 – 0,799. pada hasil yang menunjukkan 0,00. Nilai sig jauh lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara (X) dan (Y) terhadap nilai rsquare sebesar 0,633. Dapat juga diartikan bahwa pengaruh pembelajaran online menggunakan Google Classroom dan WhatAapp terhadap kemampuan belajar adalah sebesar 63,3% dan 36,7% ditentukan oleh faktor lain sehingga hipotesis alternatif Ha diterima. “Ada pengaruh pembelajaran online menggunakan media pembelajaran Google Classroom dan WhatApp terhadap kemampuan belajar mata pelajaran kimia siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Google Classroom dan Media Whatapps, Kemampuan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 03 Mar 2023 09:52
Last Modified: 03 Mar 2023 09:52
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item