Efrida, Erny Dwi, 201810110289 and Hidayati, Umi, 0014066802 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP TINGKAT KEBERANIAN SISWA MENGUTARAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMPN 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN sebelum menggunakan model pembelajaran moral reasoning di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN sesudah menggunakan model pembelajaran moral reasoning di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui perbedaan perbedaan sebelum dengan sesudah dalam menggunakan model pembelajaran moral reasoning terhadap tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan pre eksperimental design yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII H yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN sebelum menggunakan model pembelajaran moral reasoning di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 masuk dalam kategori cukup. 2) Tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN setelah menggunakan model pembelajaran moral reasoning di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 masuk dalam kategori baik. 3) Terdapat perbedaan sebelum dengan sesudah dalam menggunakan model pembelajaran moral reasoning terhadap tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat pada mata pelajaran PKN di kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukkan pada nilai t0 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau 7,74492 > 1,69552 maupun 7,74492 > 1,30946.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran moral reasoning, tingkat keberanian siswa mengutarakan pendapat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:01 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:01 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |