Meiningsih, Juwarini, 201810100294 and Suharto, 0008046601 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMPK SANTO REALINO SARADAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran PPKn Kelas VII SMPK Santo Realino Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022, 2)Untuk mengetahui bagaimanakah berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VII SMPK Santo Realino Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022, 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan yang dapat mempengaruhi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VII SMPK Santo Realino Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 26 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau non sampling atau penelitian populasi, sehingga semua anggota populasi di gunakan menjadi objek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian angket, siswa diberikan 2 macam angket yaitu angket Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan angket Berpikir Kritis Siswa. Kemudian hasil angket dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran PPKn mendapat apresiasi yang sedang dibuktikan dengan 20 siswa mendapatkan kategori nilai sedang dengan persentase 77%. Berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu sedang yang ditunjukkan dengan 20 siswa mendapatkan kategori nilai sedang dengan persentase 77%. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 25 nilai rtabel = 0,396 dan rhitung = 0,4056, maka rhitung > rtabel yang bearti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMPK Santo Realino Saradan Tahun Pelajaran 2021/2022”. Dan adanya hubungan korelasi yang sedang, hal ini disebabkan oleh masa transisi dari pemebelajaran daring ke pembelajaran tatap muka, sehingga masih perlunya adaptasi dengan kebiasaan baru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran tatap muka terbatas, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:50 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:50 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/596 |
Actions (login required)
View Item |