ARTIKEL: Analisis Kemampuan Manulis (Writing) Ditinjau dari Tingkat Intelegensi Siswa

Ekorini, Puput Zuli (2021) ARTIKEL: Analisis Kemampuan Manulis (Writing) Ditinjau dari Tingkat Intelegensi Siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 4 (1). pp. 203-212.

[img] Text (FILE PLAGIASI)
21. A PLAGIASI.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari tingkat intelegensi siswa terhadap kemampuan menulis (writing) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas VII salah satu Madrasah Tsanawiyah negeri di Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok oleh peneliti yaitu kelompok siswa dengan skor intelegensi tinggi dan siswa dengan skor intelegensi rendah. Peneliti melakukan analsisis terhadap data tes IQ yang dilakukan oleh pihak sekolah beberapa bulan sebelumnya (kurang dari satu tahun masa akurasi data) dan hasil tes menulis (writing) siswa. Dari hasil analisis terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa dengan nilai intelegnsi tinggi rata-rata memiliki kemampuan menulis (writing) yang bagus dilihat dari kelima aspek writing yang dibunakan sebagai tolak ukur dalam penelitian ini yaitu content, organization, grammar, mechanics, dan juga vocabulary. Kelompok siswa dengan skor intelegensi tinggi memiliki rata-rata nilai writing 85,33 sedangkan kelompok siswa dengan skor intelegensi rendah memiliki rata rata nilai writing 75,07

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Intelligence; Writing; Case Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:45
Last Modified: 13 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item